Description
Menurut Chaffey dan Chadwick (2016:11) “Digital marketing is the application of the internet and related digital technologies in conjunction with traditional communications to to achieves marketing objectives.”. Artinya Digital Marketing merupakan aplikasi dari internet dan berhubungan dengan teknologi digital dimana didalamnya berhubungan dengan komunikasi tradisional untuk mencapai tujuan pemasaran. Hal tersebut dapat dicapai untuk meningkatkan pengetahuan tentang konsumen seperti profil, perilaku, nilai, dan tingkat loyalitas, kemudian menyatukan komunikasi yang ditargetkan dan pelayanan online sesuai kebutuhan masing-masing individu.
Menurut Chaffey dan Chadwick (2016:11), Dedi Purwana (2017:2) Jadi pada dasarnya digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang menggunaan media digital dengan menggunakan internet yang memanfaatkan media berupa web, social media, e-mail, database, mobile/wireless dan digital TV guna meningkatkan target konsumen dan untuk mengetahaui profil, perilaku, nilai
produk, serta loyalitas para pelanggan atau target konsumen untuk mencapai tujuan pemasaran.
Sertifikasi Digital Marketing BNSP dapat diikuti secara gratis maupun berbayar, contoh sertifikat yang dikeluarkan oleh BNSP dapat dilihat pada gambar yang dilakukan di LSP Teknologi Digital. Dalam pengaplikasiannya para peserta yang sudah tersertifikasi dapat menerapkan pada usahanya, menjadi narasumber dan instruktur pada pelatihan terkait dan menambah kepercayaan diri dalam usaha sehari-harinya.
Manfaat mengikuti dan memiliki sertifikasi BNSP :
1.Menambah rasa percaya diri terhadap keahlian dan keterampilan yang dimiliki
Bagi para tenaga kerja di sektor pemasaran, pendidikan dan industri, dengan mengikuti sertifikasi kompetensi BNSP, maka rasa percaya diri saat melakukan usaha, memberikan materi serta berbagi pengalaman menjadi meningkat karena sudah tersertifikasi
2. Sebagai tolak ukur keahlian dan keterampilan
Kedua, dengan mengikuti sertifikasi digital marketing dari BNSP, kita dapat mengetahui sejauh mana skill digital marketing yang dimiliki. Setelah mengikuti sertifikasi ini, anda dapat menilai dan melakukan analisis tentang kompetensi yang harus ditingkatkan dan dipertahankan.
3. Mempermudah dalam proses rekruitmen tenaga kerja pemasaran
Dengan memiliki sertifikasi digital marketing, perusahaan akan lebih mudah memilih tenaga kerja yang memiliki skill berdasarkan indikator kompetensi tenaga kerja. Selain itu, calon tenaga kerja yang sudah mengikuti sertifikasi lebih mengenal bidang kerjanya dan dapat membuktikan bila keahliaannya telah sesuai dengan standar yang ada dari pihak yang berwenang.
4. Produktivitas kerja meningkat
Salah satu cara untuk menjadi seseorang yang ahli dan profesional di bidang digital marketing adalah dengan mengikuti sertifikasi kompetensi dan mendapatkan sertifikat BNSP. Pelatihan ini nantinya dapat bermanfaat dalam memperluas pengetahuan mengenai standar pekerjaan digital marketing yang baik.