UAP PHP – GEL 6

Description

Jawab soal dengan mengisi di komentar dengan format :
Nama :
NIM :
Kelas :
Jawaban :

Soal : Sebut dan jelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya rendemen!

10 thoughts on “UAP PHP – GEL 6

  1. Nama : Arina Maksurotin Filhiyam
    Nim : 175080101111003
    Kelas : Mo1 ganjil
    Jawaban :
    Faktor faktor yang mempengaruhi rendemen :
    - kwalitas ikan mempengaruhi faktor rendemen karna jika kwalitas ikan itu baik maka rendemen akan tinggi atau baik
    - Cara penanganan , jika cara penanganan memenuhi kriteria seperti fast and corret , clean, and cool maka rendemen akan tinggi pula tapi jika kita tidak memenuhi 3 kriteria tersebut maka rendemen akan buruk
    - Efisiensi waktu juga menentukan faktor rendemen karena jika kita cara penanganannya cepat makan rendemen tinggi jika kita lambat maka dapat menurunkan kwalitas ikan .

  2. Nama : Dila muna firdaus
    Nim : 175080101111005
    Kelas : m01 ganjil
    Jawaban : 1. Kualitas ikan, kualitas ikan adalah kondisi Ikan apakah masih terjaga kesegarannya atau sudah menurun, jika kualitas ikannya baik maka nilai rendemennya akan tinggi begitu juga sebaliknya. Semakin tinggi nilai rendemen maka semakin baik.
    2. Cara penanganan, saat penanganan Ikan diharuskan tepat dan cepat. Semakin baik dan tepat dalam penanganannya maka nilai rendemennya akan tinggi juga.
    3. Efisiensi waktu, penanganan Ikan juga memperhatikan efisiensi waktu, semakin cepat penanganannya maka nilai rendemen tinggi dan semakin baik, begitu pula jika. Semakin lama penanganan maka nilai rendemennya rendah

  3. Nama: Iswati
    NIM:175080101111009
    Kelas: M01 Ganjil
    Jawaban:
    1.Kualitas ikan, jika rendemennya tinggi maka kualitasnya semakin baik. Sedangkan jika rendemennya rendah maka berpengaruh pada kualitas ikan yang semakin menurun.
    2.Cara penanganan, semakin lama penanganan yang dilakukan saat rendemen maka akan berpengaruh tidak baik pada hasil rendemen. Semakin sedikit waktu yang digunakan maka hasil rendemen semakin baik.
    3 Efisiensi waktu, semakin banyak waktu yang digunakan saat melakukan rendemen maka waktu yang digunakan tidak efisien. Jika semakin sedikit waktu yang digunakan maka hasil rendemen semakin baik dan waktu yabg digunakan semakin sedikit.

  4. Nama : Dila Dwi Oktavianti
    NIM : 175080101111007
    Kelas : M01 Ganjil
    Jawaban : 1. Kualitas ikan : semakin tinggi kualitas ikan maka hasil rendemen semakin tinggi .
    2. Cara penanganan : semakin tepat cara penanganan ikan maka hasil rendemen semakin tinggi dan kualitas ikan semakin baik.
    3. Efisiensi waktu : semakin cepat waktu yang kita gunakan untuk penanganan rendemen maka hasil rendemen semakin baik/tinggi diikuti kualitas ikan yang semakin baik/tinggi ,sebaliknya jika semakin lama waktu penanganan maka hasil rendemen akan semakin rendah dan kualitas ikan semakin rendak.

  5. Nama : Sarah Syadilah
    NIM : 175080101111011
    Kelas : M01 Ganjil
    Jawaban :
    -kualitas ikan ; jika kualitas kesegaran ikan baik atau, maka nilai rendemen akan tinggi. Dan sebaliknya, jika kualitas ikan kesegaran ikan buruk maka nilai rendemen akan rendah
    -penanganan : jika kita melakukan penanganan dengan tepat atau dengan menggunakan prinsip penanganan yaitu fast,correct,clean and cool maka nilai rendemen akan baik / tinggi.
    -efensiensi waktu : semakin dikit waktu yang diperlukan, maka semakin efisien pengerjaan rendemen artinya penanganan produk perikanan dilakukan dengan cepat.

  6. NAMA : AHMAD JUNAIDI
    NIM : 175080500111005
    KELAS : BO1 GANJIL
    JAWABAN
    -faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya rendemen adalah
    1.berat produk karena berat produk ikan dapat mempengaruhi tinggi rendahnya rendemen pada ikan sehingga berat masing masing rendemen ikan berbeda beda
    2.pencucian dan pemerasan daging ikan karena proses pencucian dan pemerasan daging ikan bertujuan menghilangkan protein larut air (sarkoplasma),lemak,dan materi lain yang tidak dikehendaki seperti sisa kulit
    3.ukuran ikan karena ukuran ikan dapat mempengaruhi berat dari rendemen tersebut, ukuran berbeda maka tinggi rendemen berbeda

  7. NAMA : SANTIA GITA WAHYUNINGTYAS
    NIM : 175080500111001
    KELAS: B01
    JAWABAN :
    Nilai rendemen bisa dipengaruhi oleh jenis ikan, bentuk tubuh, dan umur ikan.
    Ikan yang berbeda jenis tentunya memiliki ukuran tubuh yang berbeda sehingga akan berpengaruh terhadap nilai rendemen. Ikan yang memiliki umur yang muda juga akan berbeda nilai rendemen dengan ikan yang telah dewasa. Selain itu proses pencucian ikan juga berpengaruh. Proses pencucian ikan ini bertujuan menghilangkan protein larut air, lemak, dan materi lain yang tidak dikehendaki seperti sisa kulit atau pecahan tulang. Selama proses pencucian banyak materi-materi dari daging yang ikut terbawa oleh air. Sehingga nilai rendemen menjadi lebih rendah

  8. Kelas : m01 ganjil
    Jawaban: rendemen merupakan presentase amtara berat akhir proses dengan berat awal sebelum proses. Rendemen ditentukan dengan penimbangan bahan awal dan produk setelah proses yang selanjutnya. Didalam teknik penanganan kondisi ikan ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai tendemen. Yaituu kualitas kesegaran ikan , kualitas cara penanganaan hasil tangkapan kualitas cara menangkap ikan. Apabila kesegaran ikan tinggi maka kualitas rendemen baik begitu juga sebaliknya apabila kualitas cara penanganan hasil tangkapan dilakukan dengan baik dan benar maka kualitas rendemen baik begitu juga sebaliknya. Cara menangkap ikan dilakukan dengan baik maka kualit rendemen baik, begitu juga sebaliknumya ketika teknik penanganan tersebut dilakukan sesuai dengan Sop yang baik maka nilai jual hasil nilai ikan akan tergolong tinggi. Pada saat pencucian ikan dan pemerasan harus dengan prosedur yang baik dan benar karena jika salah kandungan protein yang ada didalam ikan akan terbuang dan merendahkan nilai rendemen suatu ikan.

  9. Nama : Rizza Mayang Anggraini
    NIM : 175080500111003
    Kelas : B01

    faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya rendemen ikan adalah proses pencucian yang mana pada saat proses pencucian dapat melarutkan kandungan dalam tubuh ikan. faktor kedua yaitu proses penanganan, pada proses penanganan ini kemungkinan terjadi pembuangan bagian tubuh ikan yang seharusnya tidak dibuang

  10. Nama: Kamilia A’yunina
    NIM: 175080101111015
    Kelas: m01 ganjil
    Jawaban: rendemen sendiri merupakan presentase antara berat akhir dan berat awal. Seperti yang saya tahu semakin tingi nilai rendemen semakin baik. Faktor faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya rendemen antara lain pada teknik penanganannya atau metodenya: teknik penanganan yang kurang tepat dapat mempengaruhi tinggi rendahnya rendemen, teknik rendemen meliputi headles, pembuangan saluran pencernaan, fillet pada ikan, pengelupasan cangkang pada udang. Jika penanganan secara teliti dan tepat maka rendemen akan tinggi. Dan jika penanganan tidak tepat tidak melalui prosedur yang tepat juga akan menurunkan hasil rendemen. Contohnya proses headles atau pemotongan kepala yang tidak sesuai, menghilangkan saluran pencernaan yang tidak tepat dll.
    Selain itu terdapat waktu, waktu meliputi kecepatan penanganan pada produk. Semakin cepat penanganan semakin tinggi hasil rendemennya. Tetapi yang perlu diperhatikan waktu yang cepat metodenya juga harus benar dan teliti.
    Kemudian terdapat proses pencucian dan pemerasan. Proses pencucian harus benar benar bersih dan sesuai dengan metodenya. Proses pencucian dan pemerasan ini bertujuan untuk menghilangkan protein terlarut, lemak dan kandungan yang tifak dibutuhkan. Proses pencucian inipun juga harus diperhatikan dan menyangkut dengan faktor yang mempengaruhi hasil rendemen. Jika tidak tepat akan mempengaruhi hasil rendemennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

© Copyrights 2018 Kakanda Arjuna

Powered by WordPress · Theme by Satrya